Hay selamat siang brosis apa kabar kalian semua semoga baik – baik saja, ngomongin soal modifikasi untuk memperkekar tampilan, para pemilik motor sport, bebek maupun matic yang gemar touring mayoritas menginginkan tampilan di area kaki – kaki yang lebar dan besar karena dengan pemakaian ban tersebut membuat perjalanan menjadi nyaman, pabrikan sepeda motor biasanya memberikan toleransi ukuran ban
naik 1 step semisal ban motor bebek ukuran 70/90-17 bisa di upgrade menjadi 80/90-17.
Namun jika ukuran terlampau besar melebihi ketentuan pabrikan biasanya dibalik kenyamanan tersebut terdapat beberapa hal yang kemungkinan terjadi jika sang pemilik tidak mengupgrade performa motor tersebut, beberapa kemungkinan yang terjadi tersebut antara lain :
1. Gear Set Cepat Aus
Yang pertama kemungkinan terbesar adalah gear set cepat aus terutama rantai yang cepat kendor karena beban motor menjadi lebih berat.
2. Peredam Gear Belakang Mudah Aus
Kemungkinan peredam gear belakang juga bisa aus karena beban untuk memutar roda menjadi bertambah.
3. Akselerasi Terasa Loyo
Jika ban terlampau besar bisa saja terjadi akselerasi yang kurang responsif.
4. Kerja Rem Menjadi Lebih Berat
Perangkat vital ini juga berpengaruh besar loh brosis, pada rem cakram, jika menggunakan perangkat bawaan kemungkinan besar kampas dan piringan cepat tipis karena menahan beban terlampau berat melebihi ketentuan pabrik, solusinya bisa memakai piringan yang lebih lebar karena bidang gesek menjadi lebih luas.
5. Menyulitkan Rider Bertubuh Kecil
Upgrade ban juga bisa membuat tinggi jok bertambah loh brosis apalagi sangat terasa bagi (maaf) rider yang berpostur pas.
Oke mungkin ini bisa jadi pertimbangan buat brosis sekalian yang berencana akan mengupgrade area kaki – kaki dan di usahakan juga agar mesin juga di upgrade tenaganya, Mungkin ada brosis yang mau menambahkan silahkan bisa melengkapinya di kolom komentar.
Semoga berguna, Thanks for reading brosis.
Sumber Foto : google.com
Matik saya pernah pake ban ukuran 110, efeknya kanvas kopling abis, mahal lagi gantinya, back to normal deh,hehe #nyesel
http://warungasep.wordpress.com/2014/08/14/★-ketika-cbr250r-dan-kawasaki-ninja-bertarung-di-sirkuit-bukit-peusar-tasikmalaya-★/
SukaSuka
Widih pake 110 lik ya kerja cvt jd berat
SukaSuka
aku ban depan naik 2 step
ban blakang naik 1 step 😀
http://www.bladeus.wordpress.com/2014/08/15/user-cbr-150-lokal-k45-akan-susah-mengganti-knalpot-aftermarket-racing/
SukaSuka
Hehe depan naik 2 step kayaknya handling berat ga lik
SukaSuka
Ga juga
Kebetulan aku suka setting komstir kenceng, biar stabil di tikungan 🙂
SukaSuka
Widihh apa malah ga bahaya tuh bro kalo stel kenceng
SukaSuka
nyimak..
SukaSuka
Monggo suhu 🙂
SukaSuka
velg jari-jari + ban lebar kaya gambar terakhir kayanya cocok buat si tua l2 super 😀
SukaSuka
Sangar lik
wingi aku ya weruh win nganggo velg lebar
dadi keker
SukaSuka
banyak juga mudhorotnya brot
SukaSuka
Itoe betoel adanja lik
SukaSuka
iya kuwe, bener banget. sing paling krasa rantai. gir esih bagus, rantai ne wis mulur mentok setelane. kan ra mungkin tek ganti jarit ciut 😀
SukaSuka
Haha karo jarit koh :v
iya lik wingi ana w0ng mudik nganggo tiger ban mburi gede tkan kroya rantene kendo bgt teruz bushing gear.e karet.e wis pada remuk
SukaSuka
Haha jajal kon nganggo benting lengger banjar waru 😀
SukaSuka
Haha ya mulur dawa banget lik :v
SukaSuka
Kalau ban dikecilkan 1.step, bagaimana pengaruhnya apakah bermanfaat bagus
SukaSuka