Yuk Bahas Sistem Mekanisme Katup


Hay Selamat Siang brosis apa kabar kalian semua semoga baik – baik saja, daripada terjadi simpang siur mengenai DOHC dan SOHC lebih baik kita belajar mengenai apa sih perbedaan sistem penggerak katup OHV ,OHC (DOHC dan SOHC), jadi keinget pelajaran SMK nih eyel – eyelan sama pak guru kalo katanya mesin SOHC sedunia cuma hanya ada yg 2 katup ga ada yang lebih jumlah katupnya, nyatanya V-ixion maupun Ns SOHC 4 Klep πŸ˜†

Oke balik ke permasalahan utama kita bahas satu per satu ya brosis =

1. OHV (Over Head Valve>

Nah ini merupakan sistem mekanisme katup yang sederhana brosis, karena di head cilinder hanya terdapat rocker arm dan katup sedangkan posisi cam shaft berada di kruk as (crank shaft) sementara penggerak rocker arm menggunakan push rod (batang penggerak)

2. OHC (Over Head Camshaft)

Nah ini pokok utamanya karena OHC dibagi menjadi dua yaitu SOHC dan DOHC :

a. SOHC (Single Over Head Camshaft)

Sesuai namanya Single yaitu hanya ada satu camshaft(noken as) di head silinder, katup digerakan oleh rocker arm dan rocker arm digerakan oleh noken as, penempatan noken as terletak di tengah dan noken as di gerakkan oleh kruk as oleh tali penggerak maupun rantai (kamrat).

b. DOHC (Double Over Head Camshaft)

Nah kalo ini DOHC adalah terdapat Dua buah camshaft di head silinder untuk menggerakan katup tanpa rocker arm dan camshaft digerakan oleh kruk as melalui tali penggerak atau rantai kamrat.

Oke itulah beberapa pencerahan yang APblog ketahui semasa belajar di SMK Dan pekerjaan tentunya, apabila ada kekurangan silahkan tambahkan di kolom komentar.

Semoga berguna, Thanks for reading brosis.

Iklan

19 thoughts on “Yuk Bahas Sistem Mekanisme Katup”

Ramaikan brosis :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s