Penting Dibaca, Tips Menghindari Rantai Motor Lepas/Putus Saat Riding


Assalamu’alaikum

Selamat malam  brosis.

pict : google.com
pict : google.com

Adityaprad – Hay brosis, ngomongin soal gear set terutama rantai sepeda motor, Perangkat final drive ini umumnya banyak dipake di motor – motor sport maupun motor bebek produksi massal, fungsi gear set ini sangatlah vital karena peranan gear set ini digunakan buat nyalurin tenaga dari mesin ke roda, jadi kondisi gear depan belakang terutama kondisi rantai harus selalu dalam kondisi yang prima.

Tapi kebanyakan bikers terutama yang masih awam sama msalah – masalah motor terkesan cuek sama part yang 1 ini, ada yang nyampe kemrosak lah, dan parahnya lagi bisa putus di tengah jalan, yang pasti itu ada penyebabnya brosis, Berikut APblog share cara menghindari kemungkinan rantai putus sekaligus perawatannya brosis.

  • Seringlah Melumasi Rantai
lagi tren, pelumas mesin jahit pict : google.com
lagi tren, pelumas mesin jahit
pict : google.com

Yang pertama seringlah lumasi rantai motor brosis masing – masing biar semua bagian rantai tetap lembab dan basah, fungsinya biar pergerakan rantai ga kaku, terserah brosis mau pake chain lube, oli gardan mobil, minyak mesin jahit atau pelumas lainnya.

  • Cek Kerenggangan Rantai
pict : iwanbanaran.com
pict : iwanbanaran.com

Lalu jangan lupa sering – seringlah cek setelan kerenggangan rantai, masing – masing motor jaraknya berbeda tapi umumnya antara 25-35 mm ke atas dan ke bawah deh, jangan sampai terlalu kenceng soalnya selain kerja rantai semakin berat juga bisa nyebabin rantai putus loh brosis, motor juga jadi berat buat jalan, kalo emang belum yakin ya bisa di bawa ke bengkel terdekat 😀

  • Pastikan Jarak Setelan Kanan dan Kiri Sama
pict : tmcblog.com
pict : tmcblog.com

Ini ga kalah penting brosis, pastikan jarak setelan rantai antara yang kanan dan kiri sama brosis, biasanya sih pake strip yang ada di swing arm, soalnya kalo ga sama posisi gear belakang jadi ga lurus sama rantai dan kalo pas apes rantai bisa lepas dari gear dan parahnya bisa putus brosis.

  • Cek Kondisi Bearing Dudukan Gear Belakang
pict : tmcblog.com
pict : tmcblog.com

Nih, yang sering ga diperhatiin Bikers pada tunggangannya, cek selalu kondisi bearing di dudukan gear belakang sepeda motor brosis masing – masing, biasanya kalo brosis sering ngelakuin akselerasi spontan maupun bawa beban berat lama – lama bearing bakal aus dengan tanda dudukan gear belakang  oblak ke kanan kiri, akibatnya posisi gear belakang jadi ga lurus sama rantainya, ya sama kaya setelan rantai yang gak pas, Nah kalo yang ini sih brosis bisa cek sendiri dulu, kalo masih kenceng ya oke tapi kalo dah oblak mending bawa aja sekalian ke bengkel buat diganti bearing dudukan gear belakangnya.

Nah, kalo udah normal kan mau pergi kemanapun jadi aman brosis, di jalan juga nyaman.

Semoga berguna, thanks for reading brosis.

Wassalamu’alaikum

Kontak APblog disini =
Email : adityans665@gmail.com
Whatsapp : 08979595345

 

Baca juga brosis :

 

 

Iklan

14 thoughts on “Penting Dibaca, Tips Menghindari Rantai Motor Lepas/Putus Saat Riding”

Ramaikan brosis :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s