Assalamu’alaikum
Selamat malam brosis.
Adityaprad – Hay brosis, ngomongin soal gear set terutama rantai sepeda motor, Perangkat final drive ini umumnya banyak dipake di motor – motor sport maupun motor bebek produksi massal, fungsi gear set ini sangatlah vital karena peranan gear set ini digunakan buat nyalurin tenaga dari mesin ke roda, jadi kondisi gear depan belakang terutama kondisi rantai harus selalu dalam kondisi yang prima.
Tapi kebanyakan bikers terutama yang masih awam sama msalah – masalah motor terkesan cuek sama part yang 1 ini, ada yang nyampe kemrosak lah, dan parahnya lagi bisa putus di tengah jalan, yang pasti itu ada penyebabnya brosis, Berikut APblog share cara menghindari kemungkinan rantai putus sekaligus perawatannya brosis.
- Seringlah Melumasi Rantai
Yang pertama seringlah lumasi rantai motor brosis masing – masing biar semua bagian rantai tetap lembab dan basah, fungsinya biar pergerakan rantai ga kaku, terserah brosis mau pake chain lube, oli gardan mobil, minyak mesin jahit atau pelumas lainnya.
- Cek Kerenggangan Rantai
Lalu jangan lupa sering – seringlah cek setelan kerenggangan rantai, masing – masing motor jaraknya berbeda tapi umumnya antara 25-35 mm ke atas dan ke bawah deh, jangan sampai terlalu kenceng soalnya selain kerja rantai semakin berat juga bisa nyebabin rantai putus loh brosis, motor juga jadi berat buat jalan, kalo emang belum yakin ya bisa di bawa ke bengkel terdekat 😀
- Pastikan Jarak Setelan Kanan dan Kiri Sama
Ini ga kalah penting brosis, pastikan jarak setelan rantai antara yang kanan dan kiri sama brosis, biasanya sih pake strip yang ada di swing arm, soalnya kalo ga sama posisi gear belakang jadi ga lurus sama rantai dan kalo pas apes rantai bisa lepas dari gear dan parahnya bisa putus brosis.
- Cek Kondisi Bearing Dudukan Gear Belakang
Nih, yang sering ga diperhatiin Bikers pada tunggangannya, cek selalu kondisi bearing di dudukan gear belakang sepeda motor brosis masing – masing, biasanya kalo brosis sering ngelakuin akselerasi spontan maupun bawa beban berat lama – lama bearing bakal aus dengan tanda dudukan gear belakang oblak ke kanan kiri, akibatnya posisi gear belakang jadi ga lurus sama rantainya, ya sama kaya setelan rantai yang gak pas, Nah kalo yang ini sih brosis bisa cek sendiri dulu, kalo masih kenceng ya oke tapi kalo dah oblak mending bawa aja sekalian ke bengkel buat diganti bearing dudukan gear belakangnya.
Nah, kalo udah normal kan mau pergi kemanapun jadi aman brosis, di jalan juga nyaman.
Semoga berguna, thanks for reading brosis.
Wassalamu’alaikum
Kontak APblog disini =
Email : adityans665@gmail.com
Whatsapp : 08979595345
Baca juga brosis :
- Jajaran Motor Adventure Dengan Tinggi Jok yang. . .
- Konsep Modifikasi Yamaha MT-25 Bergaya Ala M. . .
- Gibbs Biski, Motor Dua Alam yang Bisa Jadi Jet Sk. . .
- Nih Bro Data Penjualan Moge 5 ATPM Terbanyak. . .
- First Teaser MT-15 di Thailand, Ini Baru MT Series. . .
- Bebek Super Honda Disinyalir Bernama Supra X. . .
- Wooow, Yamaha Aerox Terdeteksi Udah Didistrib. . .
- Choppy Cub, Aura Chopper Minimalis Dalam Tam. . .
- Konsep Modif Yamaha M-Slaz Berfairing Depan M. . .
- Konsep Modif : Honda New CB150R Berkaki Duca. . .
Pertamaxin dl deh..
SukaSuka
ok, makasih mas bro
SukaDisukai oleh 1 orang
Gonceng http://macantua.com/2016/01/14/beda-kan-macet-di-jerman-sama-indonesia/
SukaSuka
Monggo
SukaSuka
Temen ane sampe brodol blok mesin gegara putus rante. Hati2 aja bro
http://peysblogcorner.com/2016/01/15/spesifikasi-harga-dan-galeri-yamaha-aerox-125/
SukaSuka
iya mang, sering kejadian rante putus nyabet sekenanya
SukaSuka
Tah eta http://sakahayangna.com/2016/01/14/modifikasi-honda-old-cb150r-streetfire-buritan-ninja-250-fi/
SukaSuka
Josss
SukaSuka
jozz.. nice info om..
SukaSuka
sama2 bro, makasih
SukaDisukai oleh 1 orang