Catatan Konsumen : Beres Kok Salah Prediksi?


Halu selamat malam brosis apa kabar semuanya semoga selalu dalam keadaan baik – baik aja. Kali ini ane mau bercerita tentang curhatan konsumen tentang keluhan pada sepeda motornya karena beres aja angkat tangan.

Oke brosis kali ini ane mau ngebahas kejadian kemarin yang cukup menarik untuk diperbincangkan karena sampai saat ini ane masih agak setengah ga percaya (hallah lebay temen sampeyan ki). Hehe yups pemirsa ini adalah cerita tentang beres yang salah memprediksi penyakit sepeda motor lalu tidak bisa mengatasi dan malahan dilempar ke bengkel pinggir jalan.

Sengaja ane menyamarkan itu Beres merk motor apa dan tipe motornya yang pasti merupakan merk terkenal di Indonesia. Mungkin ga semua mekanik beres begitu kok tapi ini kisah nyata brosis kira – kira kejadian sebulan yang lalu,cekidot ceritanya brosis :

Saat kondisi siang yang panas sementara cukup banyak kerjaan tiba – tiba dateng dua cewek yang langsung bikin sejuk suasana πŸ˜€ . Mereka lalu bertanya kaya gini brosis :
C : Mas motor saya mogok kata dealer disuruh ganti kiprok
A : Loh kok ga sekalian ganti di dealer aja mbak
C : Katanya stock habis mas
A : Coba sini motornya mbak saya cek dulu kali aja bukan dari kiprok

Setelah itu ane cek motor tersebut, yang pertama ane cek yaitu kompresi brosis karena biasanya matic tersebut penyakitnya loss kompresi ternyata bener brosis kompresinya bocor πŸ™‚ perlakuan pertama dari lubang busi di kucurin oli lalu lubang busi ditutup pke jari dulu dan di kick starter, akhirnya setelah berkali kali di kick mulai ada tekanan, dic0ba dulu pasang busi alhamdulilah nyala πŸ™‚ lalu dibuka aja tuh head dan dibersihin keraknya dan dipasang lagi dan bisa nyala kembali.

Tapi kok starternya gak nyala ternyata kata si mbak selama 2 jam sma mekanik beres di starter terus sampai aki soak, lalu ane charge aja tuh aki nunggu beberapa saat dipasang lagi dan starter langsung jadi πŸ™‚

Ane ngom0ng sama si mbak penyakitnya cuma loss kompresi aja dan aki nya cukup di stroom, alhamdulah selang kira – kira hampir sebulanan ketemu si mbak lagi lalu ane tanya no hp (halah ga mungkin) eh salah tanya motornya n0rmal kan mbak starter masih tokcer ternyata di iyakan sama si mbak, berarti kesimpulannya kiprok masih bagus dan penyakitnya cuma loss kompresi.

Wah panjang banget nih artikel,cukup sekian artikel dari ane brosis. Thanks for reading brosis.

21 tanggapan untuk “Catatan Konsumen : Beres Kok Salah Prediksi?”

  1. Biasany yg pnykitan loss kompresi tu b**t ya? Emg pnanganany ya gtu semprotin oli. Q prnh jg gtu mbak2 bingung tau tu mtor ngambeg ga mo idup

    Suka

  2. dikasih oli fungsinya apa mas? kenapa kok bisa sampai hilang kompresinya mas? kalau olinya udah kering bukannya bisa terjadi lagi? mohon pencerahannya mas..

    Suka

    1. Ya begitulah bro
      oli.a buat bersihin k0toran yg nempel d.antara klep jd mengganggu k0mpresi
      saat di kick kn tmbul ledakan lah saat it oli kluar dr ruang bkar dan kalo ktoran.a sdikit kmungkinan ikut kbawa oli jd klep.a bza rapet lg.
      Olinya kn cma bwt bersihin kotoran yg kmungkinan nyangkut.
      It cma darurat kok bro klo mau yg jlz jd bongkar head truz sekir klep.
      Ciri2 loss kompresi it di kick enteng ga ky biasa.a truz pas busi.a d.buka lubang busi ditutup jempol lalu di kick ga meledak brarti loss it bro
      .
      .
      hehe sorry newbie bro jd nama2 part msh blm apal smua :v

      Suka

Ramaikan brosis :