Fungsi Kick Starter



kick starter

Setelah ramai diperbincangkan oleh beberapa blogger tentang R15 yg tanpa kick starter ane jadi punya pendapat pribadi.
Mayoritas pemikiran bikers indonesia mungkin jika starter tidak berfungsi bisa menggunakan kick starter dalam k0ndisi darurat. Tapi,m0tor motor sekarang

kebanyakan sudah menganut sistem injeksi sehingga diperlukan arus untuk pompa bahan bakar dan kelistrikan lainnya sehingga kondisi aki harus selalu stabil.
Tiba-tiba,ane jadi kepikiran apa jadi.a semisal kondisi aki n0rmal sementara electic starter tidak bisa digunakan.sudah menjadi rahasia umum jika pemakaian m0tor starter berulang kali menyebabkan komponen dalam motor starter yang bernama brush lama kelamaan aus,sementara saat itu kondisi aki masih BAGUS.Saat itulah kick starter benar2 berfungsi Sebagai pen0long darurat menuju beres/bengkel langganan sampeyan untuk penggantian brush m0tor starter agar starter kembali normal.
Memang brush pada motor starter mempunyai jangka waktu yg lama tapi pengaplikasian kick starter bisa saja sebagai “penolong darurat” saat electric starter tidak berfungsi.
Maaf kalo tulisan ane berantakan ini hanyalah pendapat saya dari hati yang sama sekali belum ahli 😀

Monggo diwaca masbro lan mbaksist

16 tanggapan untuk “Fungsi Kick Starter”

  1. saya punya pengalaman dengan thunder 125 versi 2005 non kick, memang sih aki awet, kiprok awet, dll. Tapi begitu usia motor menginjak 6-7 tahun ada masalah pada dinamo starternya, yaitu brush sering habis. Nah yg bikin dongkol tuh kalo pas macet, ujan, mesin mati, gak ada kick starternya…. dorong deh…
    Nah hal serupa juga sering saya temui pada Bajaj Pulsar 200 DTS-i 2008 milik tetangga saya. Jadi gak msalah gak pakai kick starter asal dinamo starter awet tanpa perawatan selama minimal 10 tahun, kalo bisa awet selamanya deh dinamo starternya tanpa perawatan kalo itu motor berani tanpa pakai kick starter, jangan kayak thunder 125 lama & bajaj pulsar 200 lama 😀

    Suka

Ramaikan brosis :