Kenali Warna Asap Sepeda Motor 4 Langkah Dan Penyebabnya



ilustrasi

Halu, Selamat siang brosis apa kabar kalian semuanya semoga baik baik saja. Kali ini APblog mau ngebahas mengenai keluarnya asap berwarna pada sepeda motor 4 langkah yang mayoritas masih salah dalam menanganinya, memang sih dalam kondisi normal pembakaran pada mesin 4 langkah hanya menghasilkan gas buang yang

tidak berwarna karena pada mesin ini tidak membutuhkan oli samping seperti motor 2 langkah. Berikut jenis warna yang dikeluarkan oleh pembuangan knalpot dan beberapa penyebabnya brosis :

1. Asap Berwarna Putih

Nah kalo yang ini nih pasti udah banyak yang tau, yups kalo asap berwarna putih itu terjadi karena oli yang menyelusup masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar bersama, akibatnya oli mesin cepat berkurang, penyebab yang sering terjadi antara lain :

– dinding silinder baret

– piston baret

– ring oli piston lemah

– seal klep bocor

Dinding silinder dan piston baret selain menyebabkan oli menyelusup keluar juga menyebabkan kompresi kurang optimal, lalu ring oli piston yang lemah menyebabkan oli masuk ke ruang bakar karena tugas ring oli jika normal adalah mencegah oli masuk ke ruang bakar saat mesin bekerja dan seal klep yang bocor juga bisa menyebabkan oli bocor.

2. Asap Berwarna Hitam

Nah kalo yang satu ini sering terjadi pada motor tipe karburator karena pasokan campuran udara – bahan bakar masih di setting dengan cara manual, akibat yang ditimbulkan adalah bahan bakar cenderung boros dan busi cepat mati karena pasokan bahan bakar terlalu kaya, penyebabnya antara lain adalah pasokan bensin terlalu banyak karena salah setting dan kemungkinan lainnya adalah pengapian kurang normal.

Itulah beberapa warna asap knalpot yang dihasilkan dan penyebab penyebabnya serta akibat yang ditimbulkan, jika ada kekurangan APblog sangat mengharapkan kritik dan saran di kolom komentar.

Semoga berguna, Thanks for reading brosis.

sumber gambar : mbah gugel

Iklan

26 thoughts on “Kenali Warna Asap Sepeda Motor 4 Langkah Dan Penyebabnya”

Ramaikan brosis :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s