Tips Kenali Tanda – Tanda Tali Kopling Akan Putus


Assalamu’alaikum

Selamat malam brosis.

Capture22_25_36

ilustrasi

Adityaprad – Kopling merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin dari crankcase (kruk as) dan diteruskan sampai menuju roda. Namun, di beberapa sepeda motor jenis sport dan sebagian motor bebek yang menggunakan kopling manual,

sebagian besar dari pabrikan masih memakai penggerak mekanis yakni masih menggunakan tali kopling, karena bentuknya yang sederhana dan kurang diperhatikan, terkadang part ini dianggap sepele.

Tali kopling4

Yups, meskipun terkesan simpel, tapii komponen ini juga harus sering dirawat dan diperhatikan loh brosis, apalagi jika musim hujan tiba kemungkinan air bisa masuk ke dalam selongsong kabel kopling dan jika dbiarkan maka dapat menimbulkan karat di kabel kopling.

Sebagai antisipasi biar brosis pemakai sepeda motor bersistem kopling manual agar tidak mengalami trouble putus tali kopling di perjalanan, berikut APblog catat beberapa ciri tali kopling yang akan putus :

* Gejala awal biasanya tarikan kopling terasa berat, itu bisa disebabkan karena adanya kotoran yang menyumbat didalam selongsong kabel kopling, untuk hal ini kemungkinan masih bisa di antisipasi dengan cara melumasi kabel kopling dari ujung atas yang dekat tengan handle kopling.

* Lalu ciri – ciri berikutnya yaitu timbul suara “kreek kreek” saat tuas kopling ditarik, kemungknan besar dikarenakan serabut – serabut di kawat kopling satu per satu putus, selain itu juga lama kelamaan tarikan tuas menjad kurang maksimal karena kabel menjadi renggang sehingga meskipun di stel jarak bukaan koplingnya, selang beberapa hari renggang lagi, kemungkinan itu juga karena kabel yang sebentar lagi akan putus.

Jadi, kalo udah nemuin ciri – ciri tersebut di sepeda motor brosis, seepatnya deh ganti aja kabel koplingnya, kalo bisa sih pake yang ori, karena sudah memakai nipple yang permanen.

Sebagai antisipasi juga kalo sempat lebih baik brosis beli kawat kopling vespa nipple sebagai cadangan di saat darurat, kali aja pas perjalanan jauh atau pun saat perjalanan malam hari bisa di andalkan, cuma buat darurat loh brosis, buat sementaun sementara kalo ga nemu bengkel.

Sekilas info, semoga berguna, thanks for reading brosis.

Wassalamu’alaikum

Kontak APblog disini =
Email = adityans665@gmail.com
Whatsapp = 08979595345

Baca juga brosis =

* Motomorphic JaFM, Bener – Bener Moge Ekstrim yang Unik
* Harga Second Honda Supra X 125 Karbu Masih Tinggi Broo.. . . . .
* Woow, Mobil Terbang Bakal Mengaspal Dua Tahun Lagi. . . ! ! !
* Lightning LS-218, Superbike Listrik Bertenaga Garang
* Cadasssss. . . ! ! ! ! Ducati Monster Versi Jalanan Salju dan Es
* Opini : Wellehh Beneran Nih KMI Resmi Masarin Ninja 300, Kok Nanggung Yah???
* Modifikasi : Honda Astrea Prima Berubah Jadi Sport Dua Silinder
* Distribusi All New Honda CBR150R Udah Sampai Kroya
* Edyaaan, Segini Nih Harga Suzuki Address Buatan Indonesia di Inggris
* Modifikasi : Bebek Matic Honda Revo AT Diubah Jadi Street Cub

Iklan

18 thoughts on “Tips Kenali Tanda – Tanda Tali Kopling Akan Putus”

Ramaikan brosis :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s